Perjalanan Menjadi Kreatif

Gimana sih caranya untuk terus kreatif? Kayaknya idenya nggak habis-habis? Apa yang harus dilakukan pada saat kehabisan ide?

Gimana sih caranya berpikir kreatif? Pernah nggak sih kepikiran, kok bisa ya seseorang kreatif banget, kok bisa ya dia kepikiran bikin sesuatu semacam itu, terus bikin kita jadi overthinking. Iya apa iya? Tenang, sebenernya kita juga bisa kok.

Tapi sebelum itu, memang apa sih kreativitas? Katanya kreativitas itu kebiasaan yang bisa kita lakukan untuk menemukan cara yang mudah dalam menghasilkan ide-ide baru. Entah lewat cara berpikir, kegiatan dan sikap teratur yang bisa membantu kita tetap kreatif.

Tahu nggak sih kalau otak kita itu punya kemampuan untuk berubah dan beradaptasi? Namanya itu neuroplasticity, nggak seperti IQ yang merupakan faktor bawaan lahir. Kreativitas adalah skill yang bisa dilatih dan dikembangkan. Jadi buat kita yang merasa nggak kreatif, sebenarnya kita hanya nggak biasa aja untuk melatihnya.

Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas sebenarnya banyak, tapi saya hanya akan membagikan beberapa hal yang sudah saya lakukan.

  • Membaca


Kalau orang dulu sering bilang: rajin menabung pangkal kaya, saya bilang rajin membaca pangkal kreatif.


Rajin membaca, baik itu buku, majalah, koran, bahkan sebuah thread di twitter tentu akan memperkaya wawasan dan pengetahuan kita. As a start, buat yang nggak suka baca buku, beli buku yang bisa menjadi problem solve.


Misalnya kita ingin mengembangkan sebuah skill, ya beli buku soal skill yang kita butuhkan. Misalnya kita ingin menjadi seorang youtuber, ya beli buku soal cara menjadi seorang youtuber. Kalau nggak mampu beli mas? Ya tinggal tanya Mbah Google, gitu aja kok repot. Nah, karena sifatnya problem solver, tentu kita akan lebih niat membacanya karena memang kita butuh dan langsung related, syukur-syukur setelah menerima manfaatnya, hal itu bisa menjadikan reading as habit.


  • Jadi Pengamat yang Baik


Kreatif itu biasanya dimulai dari rasa ingin tahu. Coba mulai sekarang biasakan diri untuk mempertanyakan segala sesuatu. Nggak kebanyakan mikir dan berani menjelajahi setiap kemungkinan baru di luar sana. Belajar lebih aware, sensitif dan peduli dengan sekitar kita.


  • Reframing


Biasakan melihat sebuah keadaan dengan cara yang berbeda untuk menghasilkan respon terbaik. Jadi sebenarnya, objek, orang atau situasi itu nggak berubah, yang berubah adalah bagaimana cara kita memandangnya, dan kemampuan ini bisa membantu otak kita untuk jadi lebih kreatif, karena kita melihat sebuah hal dari sudut pandang yang lebih luas.


  • Mind Mapping



Latihan mind mapping bisa membantu kita jadi lebih kreatif, karena proses pembuatan peta bercabang ini mampu merangsang kerja otak bagian kanan untuk memahami konsep secara menyeluruh.


  • Have Fun


Kesibukan dan rutinitas kuliah atau kantor terkadang membuat kita lupa untuk having fun. Meskipun Weekend, terkadang kita masih disibukkan dengan mengerjakan tugas atau deadline, belum lagi kita pasti juga memiliki beberapa tanggungan pekerjaan yang harus diselesaikan di rumah. Akhirnya saat hari Senin tiba, kita sudah masuk kuliah atau kantor lagi, namun badan nggak fresh dan susah untuk menjadi kreatif.


Saya ingat dulu ketika masih bekerja sebagai barista di sebuah coffee shop di Yogyakarta. Banyak ide fresh dan liar hadir karena kita senang meeting dan melakukan evaluasi sambil berburu coffee shop baru di sekitaran Yogyakarta.


  • Istirahat


Pernah nggak merasa stuck? Terus kita memutuskan untuk istirahat sejenak atau melamun? Tapi ternyata kita malah menemukan ide baru ataupun jalan keluar tanpa kita berusaha mencarinya. Kalau sedang stuck ya mungkin itu memang saat nya kita harus rileks, biarkan otak kita beristirahat, kreativitas juga butuh waktu istirahat Pak.


Saya harap kalian mendapatkan manfaat dari catatan ini. Ilmu pengetahuan itu bisa diperoleh dari manapun, namun yang terpenting ialah menyelaraskan ilmu pengetahuan yang kita peroleh dengan sebuah tindakan. Nggak ada hal baik yang datang tanpa usaha. Selamat berlatih!  😁


Baca juga :


#BelajarBerkaryaBerbagi 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.